Wajah Para Pencuri Ikan Yang Berhasil Ditangkap TNI AL

Ambon - Pesonil TNI AL berhasil menangkap delapan kapal pencuri ikan di wilayah Indonesia. Seluruh kapal itu didominasi oleh ABK dari luar negeri, meski memang ada beberapa WNI. 

Delapan kapal asing yang ditangkap di Arafuru adalah kapal Century 4, Century 7 asal Thailand berbendera Papua Nugini, kapal asing eks China berbendera Indonesia yakni KM Sino 15, KM Sino 26, KM Sino 36, KM Sino 33 dan KM Sino 27.

Total ada 138 ABK yang diamankan dari semua kapal. Khusus kapal yang berbendera Indonesia, memang ada WNI 25 orang, namun itu jumlahnya tidak sesuai dengan aturan. Dalam peraturan menteri KKP, syarat minimal kapal asing yang menangkap di perairan Indonesia harus membawa 70 persen ABK warga Indonesia.

Bagaimana penampakan para pencuri ikan tersebut dan kapalnya secara mendetail? Ini beberapa gambar yang dijepret detikcom saat mendatangi Lantamal IX bersama tim Satgas Illegal Fishing:


WN Thailand di Kapal Century 

2 kapal Century 4 dan 7 yang ditangkap TNI AL, seluruh ABK-nya berasal dari Thailand. Total ada 62 orang yang ada di dalam kedua kapal berbendera Papua Nugini tersebut.

Saat didatangi tim Satgas, para ABK itu ditahan di dalam kapal dengan penjagaan ketat dari TNI AL. Mereka masing-masing dipasangi name tag agar mudah dikenali. Seluruhnya tampak sehat. Mereka berbaris di kapal dengan pakaian seadanya. Ada yang memakai kaos dan celana pendek.

Para kru kapal itu tak ada yang bisa berbahasa Inggris maupun Indonesia. Mereka hanya diam saat dicecar dengan berbagai pertanyaan mengenai perjalanan dan alasan pencurian ikan.

Menurut Danlantamal IX Laksma TNI Arusukmono Indera Cahya, para WN Thailand itu sebagian sudah berada dalam penanganan imigrasi. Hanya sisanya saja yang berada di dalam kapal, termasuk nakhoda mereka Thanaphom Paministi dan Thong Ma Lapho.

Mereka ditangkap karena mencuri ikan di wilayah Indonesia padahal izin penangkapan dari Papua Nugini. Kapal mereka akan segera ditengggelamkan, sementara ikan curiannya bakal dilelang.


sumber: detik.com

Baca Juga:
Satpol PP Berhasil Menyita 1 Truk Miras di Kecamatan Jatinegara
Ahok: "Tak digaji 6 Bulan Tak Masalah"

Berita Terbaru